Salah Kaprah Pengertian Oktan Booster (ngawur!!!)

Oktan Booster

Oktan Booster

Suatu waktu, ketika sedang santai ngobrol bersama para sahabat, ada teman saya yg mengeluh dan curhat tentang (kembali) naiknya harga BBM non subsidi. Kira-kira begini keluh kesahnya : “muke gile sob, pertamax naik lagi”. Lalu tanpa angin, tanpa petir, tanpa hujan sobat saya yang lain langsung menimpali : “ah gampang itu bro, di akalin aja. Beli oktan booster. Dijamin premium ente bakal naik ‘kasta’ jadi pertamax. Klo nggak sayang duit beli oktan booster yang paling mahal. Dijamin bikin premium ‘naik kelas’ jadi pertamax plus”.
Buseeetttt teori apa pulak itu? Udah jawabannya salah, volumenya kenceng lagi xixixixixi.
Naaahhhh, terinspirasi dari obrolan di warkop tersebut, saya membuat artikel ini. Biar nggak pada ngawur dan sesat dijalan hehehehe.

Satu hal yang mesti di ingat. Oktan booster sampe kapanpun dan dalam kondisi apapun nggak akan membuat oktan bensin meningkat. Yang benar adalah oktan booster berkhasiat mengembalikan kondisi terbaik bahan bakar yang tercemar dan/atau basi.
Lho..lho..lho..kok bensin bisa basi/tercemar? Ya bisaaa laaaghhhh.
Faktor yang membuat bensin basi : kelamaan ngendon di kilang, kapal tanker, truk tangki, atau di sumur pombensin. Terlalu sering pindah penampungan.
Sedangkan faktor yang membuat bensin tercemar :
Sumur pombensin jarang dikuras. Pemakaian truk tangki untuk berbagai jenis BBM (contoh kemaren buat angkut minyak tanah besok buat angkut premium). Kondisi truk tangki yang jarang di bersihkan. Kondensasi atau penguapan yang bisa menyebabkan bensin tercemar air.

Nah, tugas oktan booster adalah mengembalikan (menyegarkan kali ya istilah tepatnya) kondisi bensin seperti sedia kala dan menetralisir kandungan pencemaran. Efeknya? Ya jelas lah. Membuat pembakaran di mesin jauh lebih sempurna. Kendaraan terasa lebih ngaciirrrr.

For your info, menaikkan angka oktan bensin gak segampang dan semudah beli oktan booster bro. Membutuhkan riset panjang dan juga dana yang tidak sedikit. Makanya makin tinggi oktan bensin, makin mahal harganye. Dan yang namanya harga, dari jaman kuda gigit bambu sampe sekarang gak pernah bohong,xixixixi.

Intinya adalah yang namanya premium akan tetap jadi premium. Ga ada ceritanya di oplos oktan booster naik oktan jadi pertamax. Apalagi jadi pertamax plus. Ngimpiiiiii….

About these ads

Tentang duniahariyadi

Ordinary man. Ordinary daddy. Sangat menyukai travelling, dunia otomotif, dan kuliner.
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

16 Balasan ke Salah Kaprah Pengertian Oktan Booster (ngawur!!!)

  1. enth berkata:

    nggak pernah pake oktan booster. cukup premium thok

  2. mba berkata:

    mungkin memang benar, tapi rasanya memang beda bro.
    pake octane booster dengan bensin biasa. lebih mantab pake octane booster.

  3. Chris berkata:

    Anda lebih ngawur lagi!!
    Yang namanya octane booster itu ya memang buat penaik oktan, cuma memang gak bisa ngangkat dari premium ke pertamax. Paling mentok juga naik 1 angka, dari oktan 88 ke 89.

    Ini lagi, mana ada bensin basi?? emangnya roti?? Mungkin yang anda maksud itu additive bensin, itu memang ada macem2, contohnya: pengikat air (supaya kandungan air di bensin rendah), pelumas (supaya pompa bensin sama injektor gak cepet macet/rusak) atau detergent/cleaner (supaya menjaga saluran bensin bersih dari kotoran).

    • duniahariyadi berkata:

      Terima kasih sudah komen di blog ini mas Chris. Malah bagus jika memang pada kenyataannya oktan booster bisa menaikkan oktan bensin, apalagi jika didukung dengan data-data yang akurat. Paling tidak bisa mematahkan tulisan saya, dan mendorong saya membeli oktan booster. Maklum, saya pemakai bensin non subsidi sudah merasa ‘gerah’ dengan harga pertamax yang sudah mencapai 5 digit pada saat ini. Lumayan menghemat dompet mas :) Ohya terkait bensin basi yang mas Chris bilang kayak roti hehehehe. FYI mas tau avtur kan? Nah avtur maksimal hanya bisa dipindah tuangkan 3 kali dari kilang utama sebelum masuk perut pesawat. Lebih dari itu akan berubah menjadi minyak tanah. Untuk bensin saya lupa datanya, namun lebih ‘kuat’ dibanding avtur jika dipindah tuangkan berkali2. Tapi tetap bisa basi. Persamaannya dengan avtur jika terlalu lama di diamkan maka kualitasnya akan semakin menurun. Faktor-faktornya penyebabnya sudah saya tuliskan pada artikel saya. *artikel diatas saya buat berdasarkan informasi dari teman saya yang bekerja di pertamina, dan informasi dari mekanik Sportisi Motorsport Jakarta. Pernah suatu saat Ninja250 hasil karyanya tembus sekian detik mengitari satu putaran disentul. Beberapa saat kemudian tanpa merubah settingan waktunya drop hingga hampir 1,5 detik perlapnya. Sudah dibongkar gak ketemu masalahnya. Begitu di isi fresh fuel motor kembali ke performa maksimal.

      Trims atas komennya mas.

  4. way berkata:

    mungkin informasi diatas bisa benar, ato bisa juga ngawur mas……hehehehe no offense ya…
    karena informasi yang mas dapatkan itu berdasarkan pengalaman, katanya ato evidence based… soalnya sekarang sangat ngawur klo ternyata “katanya….., menurut……, ato apapun itu. mau dia pakar soal mesin ato pakar perminyakan namun kan tidak ada manusia yang sangat ahli dan serba tahu….. saran saya sih kasih evidence basednya dari referensi manapun dan yang terpenting jangan nge judge orang lain “NGAWUR” hehehehehe……tidak bermaksud menyinggung ya mas
    saya kasih link nya buat baca tetang octane booster biar nambah referensi:

    http://www.stp.com/products/fuel-additives/octane-booster/

  5. diajeng berkata:

    lebih hebat lagi.,., lo Qt mampu bikin penemuan baru di bidang otomotif khususnya untuk penghematan BBM,., up

  6. alex berkata:

    cris oncom, sok tau coment yg gak gak lgi lo.

  7. furete berkata:

    Sungguh menarik ketika membaca artikel ini. Di satu sisi, sangatlah normal ketika konsumen mengalami dilema antara membeli BBM kualitas tinggi (dengan harga yang tinggi tentunya) atau menggunakan fuel additive (octane booster) yang kualitasnya bervariatif. Di sisi lain, saya kurang setuju kalau fungsi octane booster “hanya” untuk membersihkan timbal dan kotoran yang terkandung di dalam bensin. Sesuai namanya, octane booster, tentu harus mampu meningkatkan nilai oktan meski hanya sedikit perubahannya. Permasalahannya adalah produk octane booster mana yang berkualitas dan sesuai kemampuan konsumen. Cara paling mudah untuk mengetahui kualitas suatu produk tentu saja dengan melihat testimonial para penggunanya, apa background mereka dan pengalaman saat menggunakan octane booster tersebut. Saya tidak bermaksud untuk berpromosi tentang varian octane booster, namun kalau anda semua tertarik untuk melihat terobosan produk inovatif karya anak bangsa, silahkan kunjungi web kami : http://www.hi-octan.com.

    ~ Regards ~

  8. Fhajar Rhieettaa berkata:

    Ini pengalaman pribadi ane ya gan,.ane punya byson beli baru oktber 2010,blm ada 3 bln beli byson ane sering mati,mogok,kayak khabisan bensin, ane bawa ke bengkel resmi g ada solusi semua bengkel bilangnya suruh ganti karbu dll,tp ada temen ane yg ksh saran suruh kasih oktan booster,ane coba ternyata g pernah mogok tapi tiap g ane kasih oktan pasti lgsg mogok lg,.

  9. fachry berkata:

    .setuju, octane booster itu bukan peningkat octan tapi menyetrilkan/memurnikan kandungan yg ada pada premium/pertamax/dll dari kandungan2 yg semestinya g ada di dalamnya…daripada pake octane booster mahal2, klo emang pengen ada peningkatan octan walaupun tidak signifikan bisa di campur ama kapur barus atau kalo mau lebih sip lagi di camapur toulene/bahan bkar yg biasanya di pake mobil2 F1 tuh….:)
    .kalo ane dulu sih, waktu kerja di lab, sering ngoplos bensin ama etanol 99%, 1:10 lah, 1 liter bensin, 10 mili etanol…tp skrng lebih prefer ama pertamax, performanya g terpengaruh oleh suhu yg panas….:)

  10. pengguna premium berkata:

    ya jelas aja, orng itu situs penjualnya ya pasti memuat yg bagus dri produknya, klo menjelek-jelekkan produknya ya nggak laku dagangannya
    #peace

  11. vx46 berkata:

    kalau untuk bensi bisa basi atau tidak, mungkin link berikut bisa jadi acuan juga

    http://iwanbanaran.com/2014/02/12/betulkah-bensin-bisa-basi-jika-terlalu-lama-dalam-tanki/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s