Empat syarat wajib pabrikan otomotif dalam mendesain knalpot

Knalpot. Suatu kalimat yang sangat sering disebut oleh para pehobi otomotif. Siapapun setuju bahwa knalpot termasuk elemen penting pada kendaraan bermotor. Saking pentingnya knalpot pasti mendapatkan perhatian khusus. Mengapa? Karena knalpot sangat mempengaruhi performa dan juga sangat menentukan penampilan.
Tapi tahukah anda bahwa dalam mendesain hitung-hitungan volume knalpot semua pabrikan punya syarat mutlak yang harus bisa dipenuhi? Pada artikel ini saya akan coba menjabarkannya. Dan penjelasannya berlaku untuk semua pabrikan kendaraan. Baik itu motor maupun mobil.
Jadi begini, dalam mendesain volume knalpot, pabrikan harus memperhatikan empat hal wajib yaitu : PERFORMA, TINGKAT KEBISINGAN, KONSUMSI BBM dan STANDAR EMISI GAS BUANG.
Setiap pabrikan pasti berusaha keras menyeimbangkan ke empat syarat tersebut. Bagaimana merancang knalpot yang mampu mendongkrak performa, irit BBM, hening suaranya, dan juga lolos uji standar emisi. Satu sama lain sangatlah berhubungan erat dan tidak ada yang bisa di anak emaskan. Harus seimbang. Harus balans. Dan proses merancangnya membutuhkan riset yang tidak mudah.
Mengapa harus balans? Karena jika salah satu syarat tersebut di seting bagus, pastilah mengorbankan syarat yang lainnya. Contoh : Jika performa yang di kejar, pastilah konsumsi BBM lebih boros, suara juga lebih kencang, dan sulit lolos uji emisi. Analoginya anda bisa melihat pada produk-produk knalpot aftermarket. Atau knalpot-knalpot yang nemplok di pacuan balap. So, pada intinya penggunaan knalpot dengan hitung-hitungan terbaik adalah knalpot standar / orisinal. Jika anda berniat untuk merubah atau mengganti knalpot, ya monggo silahkan saja. Namun pasti ke empat syarat tersebut sudah tidak seimbang a.k.a balans lagi.

Punya pendapat lain? Silahkan dibagi disini…

Tentang duniahariyadi

Ordinary man. Ordinary daddy. Sangat menyukai travelling, dunia otomotif, dan kuliner.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

3 Balasan ke Empat syarat wajib pabrikan otomotif dalam mendesain knalpot

  1. gogo berkata:

    jadi intinya seimbang, performa, desain, suara, dan emisinya selaras..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s