Yamaha pernah ikutan Formula-1 lho. Begini ceritanya..

Mesin Yamaha OX11A yang digeber Damon Hill

Mesin Yamaha OX11A yang digeber Damon Hill

Yup, saya rasa bro-bro semua para penggemar blog otomotif sudah pada tau. Bahwasannya dulu Yamaha pernah ikut mengadu nasib sebagai pemasok mesin, untuk berlomba di balap mobil nomor wahid sejagad raya, yaitu FORMULA 1.
Yah sekedar merefresh ulang dan mengingat-ingat sejarah dunia otomotif. Dan kebeneran juga, saya penggemar pengetahuan sejarah yang ada hubungannya dengan hobi.

Yamaha pertama kali nyemplung ikut berbasah-basahan ria sebagai pemasok mesin Formula-1 pada tahun 1989. Simple aja sih alasannya, pada waktu itu Yamaha termasuk pabrikan yang sangat sukses dalam memproduksi sepeda motor, dan juga sukses di dunia balapnya (pasti tau dan ingat mbah Giacomo Agostini kan?). Nah Yamaha pun memutuskan untuk mengadu nasib di ajang balap open wheeler.

Kiprah awalnya, Yamaha membangun mesin dengan kode OX88 V10. Di kolaborasikan pada sasis tim West Zackspeed. Hasilnya? gagal total bin hancur lebur. Waktu itu kedua pembalapnya Aguri Suzuki nggak pernah lolos qualifying dan Bernd Schneider cuma lolos dua kali. Itupun pas balapnya nggak finish karena technical trouble.
Gara-gara itu Yamaha rada trauma dan malu hati, lalu akhirnya memutuskan untuk mundur teratur pada musim 1990.

Eh ndelalah Yamaha memutuskan comeback pada 1991. Kali ini berbekal mesin berkode 0X99 V12 berpasangan dengan sasis tim Brabham. Pada musim ini lumayan lah, Martin Brundle sempat finish urutan lima di Jepang. Lanjut pada musim 1992 mesin OX99 mampu memberikan poin buat tim Jordan. Hasil dari finish ke enam buah perjuangan pembalap Stefano Modena.

Merasa hasilnya kurang memuaskan, Yamaha pun mencari beking untuk membantu mengembangkan mesinnya. Akhirnya pada periode musim 1993-1994, Yamaha memutuskan bekerja sama dengan John Judd. Mbah Judd ini adalah pemilik perusahaan engine development. Tak hanya itu, tim Tyrell pun tertarik menggunakan mesin hasil kolaborasi Yamaha-Judd selama dua tahun. Tim Tyrell Yamaha menjadi tim bermesin Yamaha yang paling populer dalam sejarah Yamaha di dunia Formula-1. Walaupun prestasinya melempem. Ohya, mesin kolaborasi ini di beri kode OX10A V10.

Kenangan paling ‘indah’ mesin Yamaha di balap F-1 adalah saat mereka berkolaborasi dengan Tim Arrows. Lho kok kalimat indah-nya di kasih tanda kutip? Bagaimana tidak, pada tahun 1997 di Hungaria Damon Hill bisa saja menang jika saja pada lap terakhir terbebas dari masalah teknis. Ngenes memang. Start dari posisi ketiga, memimpin nyaris sepanjang lomba dan semuanya berantakan gara-gara masalah elektrikal. Masih untung bisa finish diposisi kedua. Tapi ya tetep saja om Hill muangkel sekali pada waktu itu.

Sekedar info mesin yang di geber Hill berkode OX11 V10. Mesin yang membuat pabrikan eropa angkat topi. Mengapa? Karena pada masanya mesin ini memiliki dimensi yang paling kecil, dan bobotnya pun yang paling enteng. Namun sayang sisi reliability atau ketahanannya payah. Mobil lebih sering nggak finish karena masalah teknis.

Kiprah Yamaha di F-1 benar-benar berakhir pada tahun 1998. Kerjasama dengan Tim Arrows bubar. Walaupun begitu usaha ‘gambaru’ Yamaha patut di apresiasikan.
Bagi bro-bro yang mau menambahkan pendapat atau fakta, waktu dan tempat dipersilahkan.

Tentang duniahariyadi

Ordinary man. Ordinary daddy. Sangat menyukai travelling, dunia otomotif, dan kuliner.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

13 Balasan ke Yamaha pernah ikutan Formula-1 lho. Begini ceritanya..

  1. tuwek berkata:

    Assololey icik icik ehm..

  2. nanared berkata:

    nice info ma sbro.baru tau kalo yamaha pernah ikut f1 juga
    SALAM KARET BUNDAR™

  3. Mercon C Part 3 berkata:

    kalo Honda ama toyota pernah ikutan gak ya?

  4. smartf41z berkata:

    harusnya jadi ikon iklan tahun 90an. “yamaha menggunakan technologi F1 pada motor produksinya”. he3…..

  5. Ndeso kluthuk berkata:

    kok aneh ya, pabrikan jepang pd gak sukses di F1, kayak toyota n honda yg sampe skrg gak punya prestasi bgs di F1….

    • joni berkata:

      apa? Gak punya prestasi bagus? Honda itu suplaer mclaren dari dulu,sempet habis kontrak gabung ama tim BAR, nah di tim BAR HONDA ini honda selalu masuk 5 besar.waktu itu honda pernah pake gear box serat karbon lalu di sanki.setelah itu honda mundur,berat di ongkos.mula mula toyota yang mundur.

    • joni berkata:

      kelama’an di sawah loe bro.

  6. ferrarista berkata:

    Siapa bilang pabrikan jepang gak pernah sukses di F1??? FYI Honda pernah ngerasain 6 kali juara dunia kostruktor , dan 5 kali juara dunia pembalap sebagai penyuplai mesin… Ya kalau di F1 peranan mesin emang bukan yang paling besar, tapi cukup berperan sebagai penunjang daya tahan mobil.

    • duniahariyadi berkata:

      Yup benul. Eh betul. Selain Yamaha, pabrikan jepun yg pernah turun di F1 adalah toyota dan honda. Bedanya dengan yamaha, toyota dan honda dari jaman baheula emang udah gape bikin mesin mobil. Tidak dengan yamaha yang ikutan F1 sekedar ‘coba-coba’. Dan ternyata hasilnya kurang memuaskan.

  7. earphane berkata:

    Kenapa nggak bikin mobil buat di jual aja Yam? Jual khusus di Indonesia ajalah…

  8. qwerty A-Style berkata:

    TOYOTA di Jepang mempunyai saham dibeberap pabrikan otomotif seperti LEXUS, SUBARU, DAIHATSU, ISUZU, HINO & YAMAHA (motor yamaha).

  9. bangunjasa berkata:

    baru tau gw…. hmmm

  10. joni berkata:

    Sepertinya yamaha harus lebih banyak belajar kepada honda tentang cara meracik mesin formula one. Sayangnya F1 itu balapan berbiaya mahal. Juga tidak asik untuk ditonton.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s