GPS pada motor pacuan rally Dakkar. Njelimet!!!

Rally Dakkar. Siapa yang nggak tauuuuuu? Wah buat penggila otomotif kebangeten kalau sampe nggak tau. Rally Dakkar bisa dibilang rally paling jauh, melelahkan, sadis, banyak memakan korban, sekaligus ajang show-off dan prestise pabrikan yang ikutan nyemplung disana. Tumbal nyawanya tidak sedikit. Kebanyakan karena kecelakaan. Ada juga karena nyasar dan telat ditemukan. Bahkan ada yang menjadi korban dibunuh militan, gara-gara kebetulan rute yang dilewati merupakan daerah konflik. Pesertanya di bagi menjadi berbagai macam kategori. Ada kategori mobil, motor, truk, mobil buggy, ATV dan lainnya.
Gadget wajib yang harus ada ditiap pacuan, dan ga boleh ngadat kinerjanya adalah GPS. Saking pentingnya, GPS adalah nyawa dari setiap peserta. Jika GPS ngadat atau rusak, ya udah deh wassalam.

GPS setting-an Marc Coma

GPS setting-an Marc Coma

Bagaimana aturan main pada penggunaan GPS-nya? Jadi begini, pada intinya, rally Dakkar pada tiap etapenya memiliki rute (taruhlah) dari tujuan A ke tujuan B. Jarak dari A ke B ini ratusan hingga ribuan kilometer.  Nah untuk menerjang rute ini semua peserta diberikan kebebasan sebebas-bebasnya. Terserah pilih jalur masing-masing atau mau turing beriringan. Yang suka lewat semak-semak silahkan. Yang suka lewat padang datar silahkan. Yang suka lewat bukit-bukit pasir silahkan. Pokoke terserah situ mau lewat mana sing penting sampai. Resiko ditanggung sendiri. Waktu tercepat jadi pemenang. Penggunaan GPS dibatasi agar tiap peserta mendapatkan aroma kompetisi yang seimbang dan kompetitif. Hal ini dimaksudkan agar tim-tim kaya yang mampu memboyong GPS berteknologi canggih dapat di minimalisasi. Intinya adalah the whole idea of Dakkar is to make it hard on you. Not that easy.

GPS dipacuan KTM

GPS dipacuan KTM

Lha terus apa gunanya GPS kalo begitu? Adaaaaa. Misalkan sebagai penanda check-point. Itupun baru bisa di deteksi pada radius 3-5 km saja. GPS pada rally Dakkar hanya menunjukkan heading (arah) dan speed (kecepatan). Makanya penguasa rally Dakkar kebanyakan peserta yang sudah berpengalaman tidak bergantung pada GPS. Lalu ada bunyi peringatan juga. Berguna untuk menandakan posisi peserta lainnya. Misalkan ada truk gede mau ‘over take’. Tiap peserta motor bisa ngeh dan tau. Pada keadaan darurat (misalkan ada rider yang mogok atau terjatuh) GPS baru boleh langsung di aktifkan secara real time agar dapat cepat terlacak. Lho terus klo ada peserta yang tersesat jauh dari rute dan binyun mau kembali gimanaaaa? Boleh-boleh saja di aktifkan penuh, tapi nantinya si peserta akan mendapatkan penalti waktu, pada saat menyelesaikan salah satu etape lomba. Edannya lagi hampir semua peserta rally Dakkar klo udah nyasar, tetep lho berusaha back on track sebisa mungkin sendiri ketimbang mengaktifkan GPS. Males kena penalti,hehehe

Makanya perhatikan deh, di tiap motor peserta tetap dilengkapi oleh roadbook (yang posisinya diatas). Dan tiap peserta yang ngegas di trek gurun rally Dakkar 99% bergantung pada roadbook. Bukan pada GPS.

So, canggihan mana dengan GPS di motor bro-bro semua? Silahkan di share gagdetnya…

Tentang duniahariyadi

Ordinary man. Ordinary daddy. Sangat menyukai travelling, dunia otomotif, dan kuliner.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

2 Balasan ke GPS pada motor pacuan rally Dakkar. Njelimet!!!

  1. donimoto berkata:

    rally sabang merauke lebih canggih GPS nya, GPS Tukang Ojek, dijamin arahnya bener😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s