Mesin 2 tak. Sarana pembelajaran balap terbaik?

Aprilia RS250 engine

Aprilia RS250 engine

Suara ‘treble’. Gas buang agak berasap (apalagi klo mesin masih dingin), wajib pke oli mesin tambahan (populer dengan julukan oli samping), dan cenderung lebih boros BBM. Yup, itu adalah ciri khas mesin 2-tak. Mesin yang sangat terkenal di zamannya dan digandrungi hampir oleh seluruh ‘speed freak’. Dahulu sangat populer, namun seiring perjalanan waktu mesin 2-tak seolah-olah semakin tersisih oleh tuntutan penduduk bumi yang menginginkan mesin yang lebih ramah lingkungan karena isu pemanasan global dan semakin menipisnya minyak bumi.

Namun jangan salah, dan jangan pernah menyepelekan ‘jasa’ dari mesin 2-tak dalam dunia balap. (Paling tidak) sampai saat ini, mesin inilah yang dianggap paling sanggup menghasilkan pembalap-pembalap roda dua yang berkualitas ‘numero uno’. Tengok saja balap motogp, siapa sajakah pembalap-pembalap yang sekarang paling sering mendominasi?

Gak usah jauh-jauh menyebut banyak nama, cukup di wakilkan oleh para ‘alien’ motogp. Rossi,Stoner,Pedrosa dan Lorenzo. Mereka bisa hebat menghendel motornya diyakini karena dulunya sudah kenyang menari diatas pacuan mesin 2-tak. Juara dunia motogp pun di dominasi pembalap-pembalap alumnus mesin 2-tak.
Karakter mesinnya yang bengis, unpredictable, kurva ledakan tenaga yang sangat sempit dan tidak terprediksi membuat siapapun yang mampu menjinakkannya dapat di cap ‘jago balap’. Bandingkan deh dengan pembalap lulusan ajang balap 4-tak seperti World Superbike atau AMA Superbike.

Hingga detik ini walaupun semakin kurang populer, mesin-mesin 2tak masih memiliki banyak penggemar fanatik. Nggak peduli boros bbm, nggak peduli berisik, nggak peduli rada berasap, ga peduli musti beli oli samping. Kalau udah kepatil, susah untuk pindah kelain hati.

Bagaimana menurut anda? Silahkan dishare pendapatnya..

Tentang duniahariyadi

Ordinary man. Ordinary daddy. Sangat menyukai travelling, dunia otomotif, dan kuliner.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

10 Balasan ke Mesin 2 tak. Sarana pembelajaran balap terbaik?

  1. nanared berkata:

    tarikan dua tak sulit tergantikan mas bro,ini pertama kali ane pake 4 tak.sensasi 2tak mang nendang
    SALAM KARET BUNDAR™

  2. smartf41z berkata:

    ane kalo pas macet ato dilampu merah anti dibelakang motor 2 tak bikin sesek. kecuali yg udah euro II sih. he3…

  3. Ndeso kluthuk berkata:

    2 stroke yang direct injection gimana bro…..? bahas donk….

  4. Idog berkata:

    hihihi… lg mo nyebut om Extra, ternyata podium….

    dgn tekhnologi sekarang, 2 tak sdh mnghasilkan emisi yg setara dgn emisi 4tak… alias rmah lingkungan..
    mslah boros… sesuailah dgn power gilanya…

  5. sdc 32 berkata:

    setuju sama bahasannya kebetulan pake 2 tak juga

  6. liyas andika berkata:

    aku setuju baget. Kebetulaan aku juga pake motor balap 2T di kelas bebek standar

  7. DA kurliiz berkata:

    gue pnya yamaha alfa lawaas 1994
    tapi masih bagus dan tarikanya enteng bgt
    tapi brisik banget
    klo urusan bensin ga boros kok relatif aja

  8. M.RIZKY.R berkata:

    saat saya pertama naik motor matic rasanya biasa aja. pas saya diwarisi SATRIA R tahun2003 punya bapak saya. rasanya beda banget. tarikanya sangat terasa.tidak kalah dengan motor bebek 4 tak jaman skarang. saya harap motor 2 tak. tetap menggila dijalanan di masa depan.klo ada slah kta sya mnta maaf saya baru 14 tahun

    • duniahariyadi berkata:

      Lho kok jadi minta maaf? Emangnya bikin salah? hehehe. Usia nggak melulu menentukan kedewasaan. Dan terlihat dari komen anda nggak ada yang salah kok sob. Makasih udah mau mampir.
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s