Dua Rider Juara Motogp dari Negeri Antah Berantah.

Jim Redman

Jim Redman

Almarhum Gary Hocking

Almarhum Gary Hocking

Tahukan anda, dari sekian banyak juara dunia motogp, ada dua rider yang berasal dari suatu negara, yang dulunya ada, namun sekarang sudah tidak ada? Mau taukah anda negara apakah tersebut?
Well…jawabannya adalah : RHODESIA. Dan kedua rider tersebut adalah Jim Redman sebagai pemegang juara 6 kali motogp (4 kali di kelas 350cc dan 2 kali juara 250 cc), dan almarhum Gary Hocking (juara 2 kali. 500cc dan 250cc). Masa keemasan keduanya di era 60-an.

Kembali membahas tentang Rhodesia, negara tersebut memang sekarang sudah tidak ada lagi. Bukan maksudnya menghilang tanpa jejak, namun sudah berganti nama menjadi Zimbabwe. Negara yang mendapatkan kemerdekaan dari jajahan Inggris. Uniknya dimanapun anda browsing, kedua rider yang saya sebutkan di atas hingga detik ini masih ditulis berkebangsaan Rhodesia. Bagaimana selengkapnya tentang sejarah Rhodesia?
Berikut artikel yang saya copas dari Wikipedia Indonesia:

Rhodesia adalah nama yang dahulu merujuk kepada sebuah koloni Britania Raya di Afrika yang dipimpin oleh minoritas kaum putih. Nama itu merujuk dari nama Cecil Rhodes sebagai bapak pendiri koloni itu. Nama “Rhodesia” secara geografis meliputi kawasan yang kini merupakan wilayah Zimbabwe (dahulu Rhodesia Selatan) dan Zambia (Rhodesia Utara, merdeka 24 Oktober 1964).

Negara Rhodesia pernah berdiri antara 1965-1980. Selama kurun waktu tersebut, Rhodesia dipimpin oleh seorang kepala administrasi pemerintahan, tujuh presiden republik, seorang kepala daerah, dan dua orang perdana menteri.

Rhodesia Selatan mendeklarasikan kemerdekaannya dari Britania pada 11 November 1965 dan diproklamasikan sebagai Republik Rhodesia pada 2 Maret 1970.

Konflik berkepanjangan melanda negara ini sejak 1971 hingga 1979. Partai Dewan Nasional Afrika Bersatu (UANC) memenangi pemilu yang diselenggarakan pada April 1979. Pada 1 Juni 1979, Abel Tendenkayi Muzorewa dan Josiah Zion Gumede masing-masing dilantik sebagai Perdana Menteri dan Presiden. Nama negara ini turut diganti menjadi Zimbabwe-Rhodesia.

Sesuai isi Perjanjian Lancaster House, Britania menguasai Zimbabwe-Rhodesia pada 12 Desember 1979 dan menyetujui kemerdekaan Zimbabwe-Rhodesia pada 18 April 1980, setelah diselenggarakannya pemilu yang dimenangi oleh Robert Mugabe. Sejak kemerdekaannya, Zimbabwe-Rhodesia berganti nama menjadi Zimbabwe. Peristiwa tersebut juga menandakan berakhirnya kepemimpinan minoritas kaum putih di wilayah itu. Dua tahun kemudian, nama ibu kotanya diubah menjadi Harare.

Tentang duniahariyadi

Ordinary man. Ordinary daddy. Sangat menyukai travelling, dunia otomotif, dan kuliner.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s