Pertamina vs Shell vs Total

gambar copas dari google

gambar copas dari google

Artikel ini pernah saya post di salah satu forum roda dua. Tidak ada salahnya jika saya share disini. Indahnya berbagi bukan?

Saya mau sedikit sharing2 soal BBM. Mungkin udah pernah ada yang bahas, tapi saya mau coba bahas secara ‘amatiran’.
Saya sempat meriset secara kecil2an, BBM yang beredar di Indonesia. Metode risetnya hanya berdasarkan feeling, tanpa alat ukur yang akurat dan hasilnya ya cuma buat konsumsi ‘kira-kira’ aja. Jangan dianggap terlalu serius, karena sekali lagi semuanya berdasarkan ‘feeling’ saya saja.

Media Riset : Honda Beat 2009 (stock engine). Pokoke nggak ada yang di utak-atik. Semuanya standar..dar..dar..
BBM : Pertamax + / Shell Super Extra / Total Performance 95
Metode riset : Motor saya isi full salah satu jenis BBM. Dipake untuk kerja PP daily use. Jarak rumah – kantor 15 KM. Riding style sedang cenderung agresif. Begitu bensin dah mau habis, tangki saya kosongin sampe kering, terus saya isi BBM jenis lain sampe full. Beli pake jerigen (ngakunya beli BBM buat balapan. Biar ga disangka nimbun, hehehe). Begitu seterusnya.

Hasil Riset :

Pertamax +
Kelebihan:
– mudah didapat.
– tarikan motor berasa ringan banget (terutama putaran atas)
– buatan anak bangsa (walau bagaimanapun kita mesti bangga).

Kekurangan:
– mesin motor agak panas. Berasa benget ngap .
– konsumsi BBM agak boros di banding kompetitor.
– kualitas SPBU yang ga sama. Kadang di SPBU Pasti Pas aja saya masih kurang yakin.

Shell Super Extra
Kelebihan :
– Lumayan mudah didapat (Jakarta only).
– Bikin Konsumsi BBM jadi paling irit di banding kompetitor.
– Mesin lebih adem.
– Pelayanan konsumen buagus buanget. Costumer oriented puollll…

Kekurangan :
– Penambahan tenaga mesin ga seganas kompetitor. Tapi torsinya lumayan jadi enak. Paling cucok untuk city ride yg banyak stop n go.

Total Performance 95
Kelebihan :
– Penambahan tenaga dan torsi mesin paling terasa. Bawah – atas ngisi.
– (Ini yang bikin saya heran) mesin jadi haluuusssss bener.
– Pelayanan SPBU muanteebbbb. Dijamin puasssss.

Kekurangan :
– SPBU Total masih jarang banget (even di Jakarta).
– Konsumsi BBM rada boros, tapi mendingan dibanding Pertamax +
– Mesin berasa rada panas dikit, tapi ga sepanas pke Pertamax +

Kesimpulan pribadi : Tergantung selera. Klo mau main kenceng putaran atas, pilih pertamax + atau Total Performance 95. Tapi klo mau irit dan torsi enak pke Shell Super Extra.
Untuk city ride jelas paling enak pke Shell, karena ga perlu plintir gas torsi untuk stop n go mudah didapat.
Pertamina dengan terpaksa saya akui masih yg terburuk dalam hal pelayanan. Namun jika bisa dapet kualitas BBM bagus di SPBU Pertamina yang kredibel masih sangat bejaban di banding produk impor. Sangat berharap ada perbaikan karena saya cinta produk lokal. Maju terus !!!
Total? Hmmmm, so far so good. Too good to be true. Kualitas BBM dan pelayanannya benar2 baik.

Naaahhhhh, temen2 disini tinggal pilih deh mau pke yang mana. Tetapi sekali lagi metode riset saya hanya berdasarkan riding feeling. SAMA SEKALI TIDAK MENGGUNAKAN ALAT UKUR DAN HASILNYA SANGAT TIDAK BISA DIPERTANGGUNG JAWABKAN SECARA ILMIAH.
Penilaian saya lakukan se-objektif mungkin. Berdasarkan dari apa yang saya rasakan dan bandingkan.
Saya pun ga akan bilang saat ini saya memutuskan make yang mana, karena salah2 ngomong ntar malah di sangka sales bensin.

Klo untuk patokan review, boleh lah dibandingkan dan monggo di coba. Sebenernya masih ada satu perusahaan BBM tanpa timbal yang belom saya coba a.k.a Petronas. Tapi karena jarak rumah-kantor ga ada SPBU perusahaaan yang bersangkutan jadinya ya saya cuma coba2 riset Pertamina – Shell – Total.

Semoga bermanfaat buat patokan pilihan BBM. Disarankan untuk tetap menggunakan bensin tanpa timbal. Karena selain bagus untuk mesin, meringankan subsidi premium yang di tombok pemerintah (premium cukup dikonsumsi orang yang lebih membutuhkan), dan juga membantu membuat langit Indonesia menjadi biru.

Tentang duniahariyadi

Ordinary man. Ordinary daddy. Sangat menyukai travelling, dunia otomotif, dan kuliner.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Pertamina vs Shell vs Total

  1. adibbbb's berkata:

    bensin aja kq repot melulu

    kasihan……….

Tinggalkan Balasan

