Pedal Box. Apaan tuh?

Pedal Box

Pedal Box

Saudara-saudara sekalian penggemar otomotif dan dunia balap dan segala macam tetek bengeknya,hehehehe. Pasti pernah punya rasa penasaran dong, atau minimal ada rasa ingin tau tentang teknologi di dunia balap. Naaahhh, sekarang saya ingin membahas soal balap roda empat pada umumnya, dan sistem pengereman pada khususnya.

Dari sekian banyak elemen pengereman pada mobil balap, ada satu perangkat yang dinamakan PEDAL BOX. Biasanya di aplikasikan pada pacuan rally, balap touring, hingga balap formula.

Apakah itu pedal box? Pedal box adalah semacam perangkat pengereman yang lazim digunakan untuk balap, dan memang dirancang untuk keperluan balap.
Saya akan coba mendefinisikan sesederhana mungkin, dengan tujuan agar bisa dimengerti semudah mungkin.

Begini, bayangkan mobil pribadi anda (jika punya) yang sehari-hari di pakai untuk beraktifitas. Jika sedang ngerem, anda cukup menginjak dengan lembut pedal rem bukan? Hasilnya mobil akan semakin melambat hingga akhirnya berhenti total. Intinya anda tidak perlu bersusah payah nginjek pake tenaga. Kenapa bisa begitu? Itu karena semua sistem rem mobil modern menggunakan cara kerja hidraulik yang dibantu dengan perangkat yang bernama BOOSTER. Dengan booster ngerem jadi menyenangkan, ngga perlu pake otot xixixixi.

Lalu apa bedanya dengan pacuan balap? Begini guys, pada mobil balap nggak ada tuh yang namanya BOOSTER. Gantinya ya PEDAL BOX. Analoginya begini, penggunaan booster pada keperluan balap mobil malah jadi bumerang. Para pembalap akan kehilangan feeling dan sensitifitas saat ngerem. Karena situasi balap dan situasi jalan umum sangat bertolak belakang.
Gampangnya gini, di jalan umum pengemudi tidak harus pake otot untuk ngerem, sedangkan di balap makin kuat pembalap ngerem, ya makin cepat deselerasi mobil.
Masih nggak mudeng? Gini deh. Bayangkan mobil pribadi/umum. Jika anda menginjak pedal rem setara beban 1kg, maka booster akan melipatgandakan beban itu menjadi beberapa kali lipat lebih besar. Sedangkan pada pacuan balap, jika anda menginjak pedal rem setara 1kg, maka PEDAL BOX akan meneruskan daya pengereman yang persis sama hingga ke semua roda.
Tujuannya adalah agar sang pembalap tetap memiliki feeling yang tajam saat ngerem. Kelebihan pedal box lainnya adalah untuk keperluan setup distribusi rem depan belakang sesuai keinginan pembalap.
Maka dari itu jadi pembalap gak segampang yang dibayangkan. Gak cuma jago teknik ngebut doang, tapi juga harus memiliki fisik yang sangat prima. Lha wong saat ngerem aja harus mengeluarkan tenaga ekstra.

Lalu pastinya ada pertanyaan dari pembaca : berarti pada pacuan balap sistem remnya nggak safety dong, kan tanpa booster? Yup, pertanyaannya masuk akal, namun ada jawabannya. Pada pacuan balap yang diperkuat daya pengeremannya itu adalah pada kampas rem dan cakramnya masbro. Makanya aplikasi kampas rem dan cakram pada balap sangat berbeda dengan kendaraan harian.
Lain waktu akan dibahas di artikel berbeda yah soal kampas rem dan cakramnya.
Semoga berguna dan bermanfaat.

Tentang duniahariyadi

Ordinary man. Ordinary daddy. Sangat menyukai travelling, dunia otomotif, dan kuliner.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s