Nano Ceramic Coating untuk Mesin. Sumfeehh, ini bagus!!!

Nano Ceramic Coating

Nano Ceramic Coating

Based on true story. Suatu hari (kapan yah lupa, klo nggak salah 3 tahun yang lalu) ada temen saya yang mengeluhkan performa mobilnya. Tarikan gak enak, ada ngebul tifis di knalpot, bensin agak boros juga. Singkat kata meluncur lah dia ke bengkel langganan untuk di diagnosa. Setelah dicek and ricek, oleh mekanik mobilnya di vonis (kemungkinan besar) ada baret halus di dinding silinder. Dia lantas konsultasi kebeberapa bengkel lainnya. Namun hasil diagnosa disinyalir sama. Intinya doi harus bongkar mesin untuk mengetahui masalah sebenarnya.
For your info, baret halus pada dinding silinder memang sangat mungkin terjadi. Pemicunya bisa dari faktor usia mobil, jam terbang mesin tinggi, pemakaian oli yang kurang tepat, atau sering telat ganti oli rutin.
Lalu akibatnya? Ya jelas. Kompresi ruang bakar gak sempurna (bocor), memicu oli mesin ikutan terbakar. Ini berefek pada lemotnya tarikan dan boros bensin.

Lantas saya teringat, pernah suatu hari saya iseng-iseng jjs ke Ace Hardware untuk nyuci mata. Disana pernah liat ada produk yang namanya Nano Energizer Ceramic Coating. Saya baca-baca kegunaan produknya. Hmmmm sangat masuk akal sih. Disitu dijelaskan pemakaian akan berefek melapisi dinding silinder dengan lapisan keramik (ceramic coating). Gunanya dinding silinder dilapisi agar lebih awet dan minim gesekan. Tapiiiii waktu itu saya nggak beli, cuman liat-liat aja xixixixixi…

Nah, mumpung sedang dibahas, ya sekalian aja di jelaskan apa itu ceramic coating. Sederhananya gini, ceramic coating adalah semacam pelapis yang jauh lebih kuat dibanding besi/baja terbaik, lebih fleksible (tidak keras), sangat tahan panas, namun juga jauuuuhhh lebih ringan.
Tau pesawat ulang-alik? Nah di sekujur tubuh pesawat tersebut telah dilapisi ceramic coating. Terbukti sukses melindungi para astronot melewati lapisan atmosfer bumi. Dimana panas akibat gesekannya dengan pesawat mencapai ribuan derajat celcius.
Ceramic coating juga lazim digunakan untuk melapis dinding silinder mesin-mesin pacuan balap. Pokoke sudah diakui lah kehandalannya.

Lalu, iseng-iseng saya menyarankan teman saya itu untuk membeli Nano Energizer, lantas mencobanya. Toh nggak ada salahnya di coba. Keluar uang nggak seberapa, dibanding harus turun mesin. Rempong cyiiinnnn…
Daaann gimana hasilnyaaaa? Ajaib. Mobil temen saya nggak ngebul lagi!!! Tarikan pun back to normal. Konsumsi bensin balik normal juga.
Di sinyalir baret-baret halus pada dinding silindernya ketutup ceramic coating. Otomatis tekanan kompresi kembali rapat, dan oli gak ikutan kebakar lagi.

Laluuuu akhirnya saya ikutan pake juga masbro xixixixi. Memang benar lho. Buat mesin yang sehat dan tidak bermasalah sangat terasa efeknya. Tarikan jauh lebih enteng. Konsumsi bensin sih kayaknya sama aja (karena tarikan enteng berimbas jadi sering bejek gas hahahahaha). Jika cara berkendara agak kalem saya yakin tuh, konsumsi bbm jadi jauh lebih irit.

Penasaran? Cobain deh masbro. Beneran dah sumfeee ngepek banget. Beli gih sana di Ace Hardware (setau saya klo nyari ditempat lain agak susah atau tidak ada).
Nggak cuma mobil, motor pun bisa pake kok. Saya sudah membuktikan sendiri pada kendaraan roda empat dan roda dua. Muaknyooossss. Harganya? Hmmmm nggak perlu saya sebutkan. Karena saya bukan sales produk yang bersangkutan. Lagipula saya menulis artikel ini nggak dapet royalti apa-apa xixixixi.
Sekedar berbagi pengalaman, indahnya berbagi bukaaannnn?

Tentang duniahariyadi

Ordinary man. Ordinary daddy. Sangat menyukai travelling, dunia otomotif, dan kuliner.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

4 Balasan ke Nano Ceramic Coating untuk Mesin. Sumfeehh, ini bagus!!!

  1. B M W ♣ berkata:

    Gak di jelasin cara penggunaannya

    • duniahariyadi berkata:

      Klo dijelasin kuatir saya malah disangka sales beneran mas xixixixi. Sederhana kok mas. Cukup di campur ke oli yg baru diganti. Tahan hingga 30rb km kalo nggak salah jika ingin menggunakan ulang hehehehe

  2. aska berkata:

    om..merknya apa yaa ?
    pengen nyoba buat kompresor ac yg ngorok bisa ga yaa ? :hammer

  3. Ricki berkata:

    Nice review bro….jiplak idenya yaa..untuk banyak aplikasi…thanks

Tinggalkan Balasan

