SOTOY. Penyakit Mental yang Belum Ada Obatnya.

Saya rasa rata-rata pembaca blog ini jika ditanyaken apa itu arti dari kalimat Sotoy pasti tau artinya. Atau ada yang belum tau? Saya coba definisikan (versi saya) yah. Sotoy adalah bahasa gaul. Bahasa sleng. Artinya sok tau. Sok ngerti. Sok paham. Tetapi penekanan artinya lebih kepada perilaku yang sebenernya nggak tau. Sebenernya gak paham. Sebenernya nggak ngerti. Ada juga sih, kalimat gaul temennya Sotoy. Yaitu Sok You Know xixixixixi…Tapi kalimat yang lebih populer di ucapkan adalah SOTOY.

Dalam kehidupan berteman, bersosialisasi dan bergaul, pembaca pasti kadang (atau malah sering) bertemu dengan orang yang memiliki penyakit perilaku Sotoy. Nggak dimana-nggak dimana, sepertinya Sotoy sudah menjadi wabah menyebalkan yang nggak akan musnah di fogging, apalagi cuma disemprot pake obat nyamuk.

Tapi anehnya, dan yang membuat saya nggak habis pikir, orang yang suka Sotoy biasanya pandai ‘menghipnotis’ orang kalo penyakitnya lagi kumat. Beneran, rata-rata kayak gitu bro.
Coba deh perhatikan, penderita Sotoy stadium 4, rata-rata pandai membuat lawan bicaranya cuman manggut-manggut, ngangguk-ngangguk, senyam-senyum. Padahal (mungkin) sebenernya lawan bicaranya mengerti dan tau persis topik yang sedang ‘diajarkan’, tapi males untuk meng-kontra pendapat. Daripada ujung-ujungnya malah jadi debat kusir. Buang-buang tenaga, waktu dan pikiran.

Saya pun biasanya bersikap demikian. Jika pas dapet ‘ceramah’ dari sotoyer, dan kebeneran pula saya tau fakta yang sebenarnya mendingan ngalah saja. Palingan saya hanya bilang “ooo…gitu yah”, “ya..ya..ya..”, atau “wah saya baru tau tuh”, xixixixi…

Kok bisa kayak begitu yah. Salut saya hehehehe. Jarang ada lawan bicara sotoyer mau kontra pendapat. Kalaupun ada, sotoyer pasti akan membela habis-habisan opininya, walaupun sudah terbukti salah fakta. Ngeles terus kayak bajay oleng.
Ah dasar, Sotoy Markitoy. Capedeee…xixixixi…

Tentang duniahariyadi

Ordinary man. Ordinary daddy. Sangat menyukai travelling, dunia otomotif, dan kuliner.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Satu Balasan ke SOTOY. Penyakit Mental yang Belum Ada Obatnya.

  1. Farhan Hafiz berkata:

    Sotoy tanda belom ngerti tuh broo (y)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s