Ngegas Gak Jelas Saat Mau Matiin Mesin = Hoax = Aliran Sesat

Brruuummmm…brruuummmm..brummmmm..
Sering banget saya temui driver/rider yang ngegas nggak jelas sesaat sebelum mematikan mesin. What is the kamsud? Gunanya apa? Yang ada malah buang-buang bensin nggak penting.

Memang sih banyak mitos yang beredar terkait perilaku tersebut. Katanya sih gunanya adalah :
– Agar oli naik. Jadi pas nanti mesin kembali dihidupin, gesekan antar jeroan akibat mesin belom panas bisa dihindari. Hadeeeeehhhh yang ada pas oli baru mau naik terkait naiknya rpm saat digas, mesin keburu dimatikan. Boro-boro bersikulasi. Dalam jangka panjang malah mempercepat jeroan aus.
– Ngisi setrum aki. Agar nanti tidak berat ketika restart. Jiaaaahhhh emangnya ngepek? Absolutely not. Mau aki basah atau kering, selama akinya normal dan sehat gak perlu kuatir tekor.
– Sengaja agar karburator keisi bensin. So bikin eces prosesi restart.
Weleh-weleh-weleh. Kan ada choke/cuk masbro? Di manfaatkan lah. Buat mesin mobil yang masih berkarbu dan gak ada choke manual, ya tinggal kocok gas 2-3 kali sebelum start engine. Gitu aja kok repyot..

Hareeee geneeee kok masih percaya tahayul. 1000% hoax. 1000% gosip. Buang-buang bensin percuma brur. Belom lagi suara brisiknya. Malah ketauan tetangga klo masih percaya tahayul. Malu kaann xixixixi…

Tentang duniahariyadi

Ordinary man. Ordinary daddy. Sangat menyukai travelling, dunia otomotif, dan kuliner.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Ngegas Gak Jelas Saat Mau Matiin Mesin = Hoax = Aliran Sesat

  1. myth berkata:

    dulu pernah punya mobil diesel yang belum direct injection, tiap pagi startnya susah banget, sampe sering kehabisan aki.
    truz d bawa ke bengkel, sama mekaniknya d ksh saran, sbelum mematikan di gas dulu. alasanya biar solarnya naik, gak tau naik kmana maxudnya???
    ternyata stelah d praktekkan emang bnr berhasil🙂
    sejak ngegas dulu sbelum mesin d matikan, mesin jadi gampang hidup, & gak pernah khabisan aki lg.
    dulu sbelum punya mobil ini, sempat brfikir kyk sampean, tp sampe skarang aq jg berfikir kyk gt.
    sejak ganti mobil diesel yg direct injection, mesin bisa langsung hidup tanpa di gas dulu sbelum mematikan mesin.
    aku gak tau apa yang sebenernya terjadi, klo pake alasan biar solar naik dulu, kan ada pompanya?? tp d mesin lama di pompa dulu juga tetep susah? yang d mesin baru gak di gas dulu sbelum mesin di matikan kok gak masalah?? apa karena mesinya beda? tp kan cuma beda injectionya aja??

    klo d mesin bensin, gak tau cara ini berlaku ato ga? slama make mesin bensin (mobil & motor) gak pernah nemui masalah aneh kyk pas make mesin diesel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s