Perbedaan Wet Setup dan Dry Setup Pada Motogp.

Wet Race

Wet Race

Salam Penggila Motogp.
Beberapa kali kita lihat, saat balapan Motogp sedang berlangsung, eh tau-tau hujan menghadang. Kadang cuman gerimis doang, kadang langsung byaaaarrrr. Jika mengacu pada regulasi, saat ditengah balapan turun hujan, para pembalap diperbolehkan untuk masuk pit dan menukar tunggangannya jika marshall telah mengibaskan bendera putih. Bebas deh. Mau lanjut mangga, mau nuker motor monggo.
Lha memang kenapa sih boleh masuk pit dan nuker motor? Karena memang setingan kering dan basah pada balap sangat berbeda. Seperti apa perbedaannya? Mari kita ulas bersama.

-Ban jelas beda. Pada ban balap, pilihannya intermediate (gerimis-hujan ringan) dan ban basah (hujan deras).
-Tekanan ban juga beda. Pada wet track biasanya lebih empuk atau tergantung selera pembalap.
-Rem. Balap kering cakramnya berbahan dasar karbon. Sedangkan untuk wet race terbuat dari baja. Mengapa? Karena rem karbon sangat sulit untuk mencapai suhu ideal jika dipakai hujan-hujanan.
-Engine mapping (setingan modul elektrik mesin). Wah klo ini agak kompleks. Yang pasti perubahan suhu, derajat pengapian, dan sensor-sensor yang terkait didalamnya setelannya sangat berbeda dibanding balap kering. Maklum mesin balap prototipe sangat sensitip dengan perubahan cuaca sedikitpun.
-Suspensi. Rata-rata setingan suspensi untuk melahap trek basah dirubah menjadi lebih soft atau sesuai karakter rider.
-Geometri sasis. Ini mencakup wheel base (jarak sumbu roda), dan derajat setang. Nah ini sesuai karakter rider juga. Secara teori sih longer wheel base akan meminimalisir efek aqua planning (gejala ban mengambang ketika ban melindas air) lebih efektif.

Semua setingan di atas sudah lebih dahulu dipersiapkan oleh tim mekanik, jika disinyalir akan turun hujan. So, kapanpun si rider masuk pit, sang motor pengganti sudah siap menanti untuk ditunggangi.

Hmmmm apalagi yah? Ada yang bisa membantu menambahkan pencerahan?

Tentang duniahariyadi

Ordinary man. Ordinary daddy. Sangat menyukai travelling, dunia otomotif, dan kuliner.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

3 Balasan ke Perbedaan Wet Setup dan Dry Setup Pada Motogp.

  1. cipuik. berkata:

    jas ujan.

  2. yudis berkata:

    Doaaaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s