Bus Mercedes-Benz OH1526. Mantap!!!

Sasis OH1526

Sasis OH1526

Dasbor OH1526. Minimalis namun fungsional khas bus Mercy.

Dasbor OH1526. Minimalis namun fungsional khas bus Mercy.

Setelah sedikit menulis artikel tentang kereta api, DH kali ini ingin membahas tentang bus. Yup, kendaraan komersil berbadan besar ini diem-diem DH juga suka memperhatikan. Apalagi yang masih kinyis-kinyis, full AC plus mengkilap pula. Dijamin betah duduk didalamnya berlama-lama.

Pastinya sudah pada tau bus Mercy kan? Pabrikan asal Jerman yang setia memasok sasis bus sejak jaman baheula di Indonesia.
Kali ini DH akan membahas sasis bus Mercy terbaru yang resmi mengaspal di Indonesia sejak awal 2010. Generasi penerus dari sasis OH1525, yaitu OH1526. Sejauh ini (menurut pandangan mata DH secara langsung) belum banyak P.O bus yang mengoperasikan sasis OH1526. Terhitung yang pernah saya pergoki dijalanan adalah P.O Putra Remaja, P.O Medal Sekarwangi, P.O Safari Dharma Raya, dan beberapa bis khusus carteran / pariwisata.

Satu hal yang menarik perhatian saya setiap kali melihat bus Mercy OH1526, adalah mesinnya yang mampu menghasilkan emisi standar EURO 3. DH Salut dan sangat mengapresiasikan langkah yang diambil Mercedes-Benz.

Disaat gonjang-ganjing pro dan kontra rencana pemerintah menaikkan level emisi gas buang menjadi EURO 3. Disaat masih banyak banget kendaraan umum maupun pribadi yang nggak lolos uji emisi. Disaat blog-blog otomotif (khususnya roda dua) mempergunjingkan instalasi perangkat injeksi.
Tanpa banyak koar-koar Mercedes-Benz sudah lebih dahulu ‘sadar diri’ dan siap menyongsong era langit biru. Salut empat jempol kaki dan tangan dari DH.

Mengenai aspek teknis, sasis OH1526 sebenarnya adalah pengembangan dari pendahulunya OH1525.
Terbukti dari basis mesinnya masih sama plek. Tipenya OM906LA 6 silinder sebaris, plus perangkat doping khas mesin diesel turbocharger. Pun ada Intercooler yang bertugas mendinginkan aliran angin yang dimampatkan sebelum ditendang turbo. Manttaaappp!!!
Dengan komposisi ini OH1526 mampu memproduksi daya maksimal hingga 260 hp, dan torsi badak khas diesel sebesar 950 nm@1200-1600 rpm.
Untuk menyalurkan tenaga ke roda, dikaryakanlah sebongkah girbok tipe G-85 pengoperasian manual 6 percepatan maju, dan 1 percepatan mundur.

Lantas apa perbedaan mendasarnya dibanding mesin OH1525?
Jawabannya adalah pada sistem manajemen mesin. OH1526 menggunakan ECU terbaru, yang telah diseting ulang agar lolos standar emisi euro 3, namun menghasilkan daya tenaga yang lebih besar dibanding pendahulunya. Perbedaan outputnya mencapai 20 hp. Mantaaappp!!!
Tak hanya itu, pabrikan Mercedes-Benz mengklaim OH1526 mampu mengirit BBM hingga 15%.

Kelebihannya belum lah habis. Sasis OH1526 juga mendapatkan revisi suspensi. Mercedes-Benz menjamin bantingan lebih empuk, dan juga lebih lincah dalam menaklukkan tikungan dibanding pendahulunya. Hmmmm…semoga nggak disalah gunakan driver bus malam speed freak yang suka ugal-ugalan di Pantura.
Saya jadi membayangkan apa jadinya jika OH1526 dilengkapi dengan suspensi udara? Pasti tambah top-markotop. Serasa naik sedan pribadi xixixixi…

Satu impian saya yang belum kesampaian. Kepingin naik bis malem yang nyaman full-option tujuan Bali dari Jakarta. Penasaran aja kayak apa rasanya dibanding naik pesawat. Dari segi waktu tempuh naik bus jelas kalah telak, tapi kan ‘sensasi’nya sangatlah berbeda.
Apakah suatu saat nanti impian saya menjadi kenyataan diatas OH1526? Well…who knows?

*gambar-gambar minjem mbah Google.

OH1526 tampak depan (karoseri Adiputro).

OH1526 tampak depan (karoseri Adiputro).

OH1526 tampak belakang (karoseri Adiputro).

OH1526 tampak belakang (karoseri Adiputro).

About these ads

Tentang duniahariyadi

Ordinary man. Ordinary daddy. Sangat menyukai travelling, dunia otomotif, dan kuliner.
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

17 Balasan ke Bus Mercedes-Benz OH1526. Mantap!!!

  1. d shindy berkata:

    wawwwwwwwwwwwww bussss ini fasilittaaassss nya sangat bagus sekali

  2. m nur al berkata:

    sy sudah sering bgt mas naek 1526 punyaknya Gunung Harta…

  3. Rian wahyu berkata:

    Kok depan nya mirip Rs ya ? Tpi agak beda. Yang bikin beda tuh posisi lampunya. Agak kebawah. 1526 top !!!

  4. sabda pandjaitan berkata:

    slam BMC smua, skrng lg jamanya MB chasis 1626 dan MB chasis 1830!!

    Ini bus yg siap menanti lg, lbh muantep. . . . .
    Klo OH 1526 elektrik byax dipke klo disumtra utara bus ALS,BINTANG UTARA,INTRA,PMS,MAKMUR dll. . . . . . .

    Ntar jgn lpa add me fbxu ea ‘sabda pandjaitan-sgn anaknaburju’, spaya bsa kta ngobrol lbh panjang lg!!

  5. ALEX berkata:

    MANTAP BUS ELETRIK OH 1526 DAN KAMI AKAN MENYAMBUT OH 1830

    FROM : MEDAN,SUMATRA UTARA

  6. Markos Chndesit berkata:

    MasyaaLLoh ManTap biangtLh..!!

  7. sony berkata:

    BBM 1 liter jarak tempuh
    berapa KM??

  8. choirul arifin berkata:

    Saya kebetulan berkesempatan naik ini ketika menjalani test jalan bersama tim mekanik Mercedes-Benz workshop Ciputat, perwakilan diler Mercedes-Benz dan wakil beberapa PO. Bus berangkat dari kantor Hartono Raya Motor di Daan Mogot. Suspensi bagus, bantingan lebih lembut dibanding OH 1525. Tenaganya, seperti di spesifikasinya, memang lebih melimpah. Kabin cukup kedap suara. Bus ini sekarang bergabung ke PO Safari Dharma Raya di Kebayoran Lama, sebagai salah satu PO pertama yang memakai sasis ini. Dua jempol untuk Mercedes-Benz Indonesia!

  9. Ir. Haji Lalu Muhammad Hamdan Sjahrul, SH. berkata:

    PENGEN NANTANG MBIKIN REKOR NYETIR BIS BIAR MASUK MURI…
    (pengemudi tangguh tdk diukur dalam kecepatan tinggi, namun kemampuannya dalam kecepatan rendah)

  10. edhy berkata:

    Karoseri adi putro emg bagus dalam mengeluarkan body, apalagi buat bus mercy. pas bgt, trutama bus langganan saya Putra Remaja, semoga adi putro tidak berpuas diri dan selalu memberi disain dan inovasi

  11. gasa berkata:

    emang EURO ada gitu di Indonesia ? bukan’a yg make
    EURO baru di eropa ?

  12. anto berkata:

    Suspensi Oh 1526 yang asli super keras , paling yang dinaiki itu udah pake air sus ?

  13. richo berkata:

    udh naek donk sy,jozh gandoz konyoz konyoz gan Bogor Madiun nitih Gunung Harta,Harapan Jaya,Pahala Kencana Top tenan.

  14. tamanindah123 berkata:

    saya memang blum pernah naek sih? tp saya salut buat mercedez.
    mantap

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s