Pengalaman Berlibur di Sol Elite Marbella Anyer (April 2012).

Sol Elite Marbella Anyer

Sol Elite Marbella Anyer

Hmmm…mau cerita dari mana yah? hehehehe. Yang pasti pengalaman yang akan DH tuliskan diblog ini semuanya berawal dari rencana yang serba dadakan.
Yup, dimulai dari Rabu siang. Pada waktu itu DH sedang berada di kantor tercinta. Kok samar-samar mendengar beberapa rekan kerja yang sibuk merencanakan menghabiskan waktu pada saat long-weekend. Memang sih pada hari Jumat tanggal 6 April 2012 dikalender warnanya merah (hari wafatnya Isa Almasih). Artinya akan ada hari libur bablas 3 hari penuh.
Tapi kok semakin sore rekan-rekan kerja DH makin heboh yah? Ada yang sibuk ngubek tiket pesawat, ada yang booking tiket kereta, ada yang merencanakan kesana, kesitu, ke anu dan lain-lain.
Lama-kelamaan telinga ini kok rada hangat. Jadi kepingin merasakan liburan juga.
Gak pake lama, ambil HP langsung telepon Istri. Yah intinya menanyakan mau kemana kita selama long-weekend ini, dan ada dananya atau tidak. Karena kebetulan memang DH sekeluarga suka travelling.
Setelah bingung mau kemana, dan setelah mata sepet ngubek internet, akhirnya DH dan istri memutuskan untuk jalan-jalan ke Anyer. Mengapa Anyer? Karena kedua balita DH sangat suka sekali jika diajak ke pantai. Dan jika berencana ke Anyer entah mengapa DH selalu teringat dengan Sol Elite Marbella Hotel (SEMH), walaupun seumur hidup DH belum pernah sekalipun menginap disana. Mungkin karena SEMH terlalu identik dengan Anyer kali yah.
Ohya, satu lagi alasan memilih anyer karena DH sudah lamaaaaa sekali terakhir main kesana. Kalau tidak salah jaman lulusan SMU. Yah hitung-hitung nostalgia xixixixi…

Setelah mendapatkan buruan hotel, DH langsung reservasi. Alhamdulillah masih dapat kamar. Padahal DH booking hitungannya sudah masuk injury time lho. Long-weekend pula. DH dan keluarga mendapatkan kamar tipe studio nomor 2203, di Tower Nakula.
Dijelaskan oleh pihak hotel bahwa kamar tipe studio itu isinya satu ranjang double, dapur mini lengkap plus meja makan, dan balkon yang peruntukannya bagi keluarga kecil. Harga permalamnya IDR 800.000. Wah cocok nih buat genk DH (baca : sesuai bujet) untuk ukuran hotel bintang 5. Tanpa pikir panjang langsung booking.
DH lantas berencana berangkat pada hari Jumat sepagi mungkin. Demi menghindar dari kepadatan lalin, dan dengan harapan bisa sampai SEMH tepat pada waktu check-in yang di informasikan pihak hotel (jam 10 pagi).

Cerita berlanjut, ketika pada kamis malam DH iseng2 browsing internet. Mencari segala macam info terbaru tentang pantai Anyer dan SEMH buat tambahan bekal berangkat keesokan harinya. Lantas info apa yang DH dapatkan? Weleh beneran bikin drop bin ilfil. Karena hampir semua review tentang pantai Anyer pada umumnya dan SEMH pada khususnya NEGATIF. Sedikit sekali review positifnya. Lantas apanya yang negatif? Nanti akan DH jelaskan dibawah per-poin yah. Biar lebih jelas apa saja info yang DH dapatkan di internet dan bagaimana kenyataannya di lapangan.
Namun jujur saja, gara-gara browsing-an itu DH dan istri jadi rada males-malesan berangkat kesana. Namun karena biaya kamar sudah dibayarkan dan pasukan krucil sudah terlanjur diberi janji manis akan diajak liburan ke pantai, ya sudah lah ditelan saja. Anggaplah bagian dari petualangan dan pengalaman.

Oke, akhirnya hari-H tiba. Setelah melakukan persiapan kilat, jam 6.30 pagi DH-istri-dua balita sudah berada di mobil pribadi andalan. Tancap gas masuk tol dalam kota, lanjut menuju tol Merak. Hmmm…lalin cukup lancar dan sepi. Perjalanan cukup menyenangkan.
Seperti janji saya di atas, saya akan menuliskan poin-poin apa saja terkait info yang saya dapatkan via browsing internet, dan bagaimana kenyataan yang sesungguhnya. Ini dia penjelasannya :

– Jalan menuju pantai Anyer rusak parah. Terutama didaerah industri Krakatau Steel dan sekitarnya.
Yup itu 1000% benar. Jalanan hancur bung!!! Estimasi DH jarak bagian terparahnya sekitar 8km. Bahkan jauh lebih hancur dibanding perkiraan DH klo membayangkan jalanan yang paling rusak sekalipun. Ini sih bukan rusak, tapi hancur lebur. Mobil DH seperti dipaksa melewati kali kering dengan tebaran batu tajam dan ribuan lubang menganga dalam. Dibeberapa bagian malah sudah tidak ada lapisan aspalnya sama sekali. Diperparah lagi kondisi becek dan berlumpur. Kombinasi hancur yang sempurna. Mirip trek rally Paris-Dakkar. Silahkan pembaca bayangkan jalanan hancur-sehancurnya. Sama sekali tidak merepresentasikan jalur wisata blass. Membuat suasana mood DH mendadak drop. Akan jadi masalah besar bagi pelancong yang nekat bawa mobil sedan.
Namun selepas kawasan Krakatau Stell dan pabrik-pabrik, jalanan sepanjang pantai Anyer hingga sampai di SEMH mulus dan layak.

– Kondisi eksterior tower SEMH yang memprihatinkan.
Sorry to say, ini juga benar. Jujur saja, ketika DH tiba di SEMH, semua info yang didapat dari internet semakin menghantui. Jika dilihat secara visual, tower-tower SEMH seperti kurang terawat. Catnya banyak yang kusam dan mengelupas. Plafon luar banyak yang bolong. Genteng-gentengnya banyak yang melorot, kusam, bahkan bolong. Hadeeehhh kok hotel dengan pangkat bintang 5 kok seperti ini ya?

– Lobby hotel yang kurang nyaman, koridor nggak terawat, aura suram nggak mencerminkan penginapan bintang 5.
Hmmmm…kalau yang ini DH bisa nilai tidak terbukti. Di tower Nakula tempat DH menginap, kondisi interiornya masih terawat, bersih dan nyaman. Suasananya pun lumayan. Yah paling tidak bisa kembali mendongkrak mood yang sempat drop.

– Kondisi kamar yang memprihatinkan dan mengecewakan.
Jujur saja, ketika menghitung langkah menuju kamar 2203, DH sudah pasrah dan berusaha bersikap nothing to loose. Dan begitu masuk kamar…eng…ing…eng…, weleh…ini sih bagus, xixixixi. Kamar DH bersih dan sangat terawat. AC dingin, bathroom bersih dan berfungsi normal semua fiturnya. Kitchen set lengkap..kap. Kompor fungsi. wajan, panci, dkk tersedia. Piring, gelas, dispenser, rice cooker, microwafe, toaster, oke punya. ranjang oke, sofa oke, plafon oke, balkon oke, nggak ada rembes / bocoran. Wah pokoknya beyond expectation. Fasilitas yang DH dapet sangat sebanding dengan harga. Tapiiiii, ada satu hal minus yang mengganjal. Kulkasnya nyala tapi kok kurang dingin yah? Akibatnya seplastik chicken nugget favorit krucil yang sengaja DH bawa jadi agak basi. Huffff…

– Pantai yang terlalu ramai pedagang, kurang prifat, dan gangguan tawaran jasa yang kurang simpatik.
Untuk masalah pantai yang ramai pedagang dan kurang prifat memang benar adanya. Namun untuk gangguan penawaran jasa yang kurang simpatik (jasa naik jetski/kapal/banana boat/pijat/lapak tikar/papan surfing) nggak juga ah. DH mendapat info dari internet bahwa katanya klo menghabiskan waktu di areal Pantai SEMH, akan diganggu puluhan tawaran jasa. Bahkan ada yang bilang kebanyakkan setengah memaksa layaknya preman. Ah ternyata itu isapan jempol lebay belaka. Memang sih benar ada beberapa orang yang mencoba menawarkan jasa, tapi jika DH hitung paling maksimal 5 orang saja kok. Dan itupun sopan-sopan menawarkannya. Cukup dengan senyuman dan menolak secara halus mereka akan pergi dengan sendirinya.
Sekedar saran dari DH, pantai areal SEMH sangat minim pohon tempat berteduh. Sore hari adalah waktu yang paling enak menghabiskan waktu disana. Kira-kira jam 4 sore hingga menyaksikan indahnya matahari saat tenggelam diujung laut.

Selama berada disana, impresi DH cukup puas. Apalagi saat menemani krucil main air di kolam renang. Rancangan kolam renang internal SEMH cukup bagus dan sangat representatif buat anak-anak, pun relatif aman. Batasan antara kolam dangkal dan kolam dalam sangat safe. Membuat DH nyaman duduk di tepian kolam sambil ngobrol dengan istri mengawasi krucil dari jauh tanpa harus repot-repot ikutan nyemplung.
Senangnya menyaksikan wajah ceria krucil bebas bermain air hingga kulitnya agak gosong xixixixi…

Kesimpulan dari semuanya, DH cukup puas. Atau karena DH datang dalam kondisi agak galau, namun kenyataannya tidak seperti yang ditakutkan yah? Ibarat mau makan ayam mbayanginnya paha malah dikasih dada? hehehehe…jadi keburu hepi duluan.

Namun memang ada beberapa hal yang harus ditingkatkan terkait pelayanan tamu oleh manajemen SEMH. Terutama kondisi eksterior gedung dan kenyamanan di pantai.
Ohya jika boleh menyarankan bagi pembaca yang memutuskan untuk mencoba menginap di SEMH, ada baiknya dipastikan untuk menanyakan kondisi kamar yang didapat secara detail sebelum booking. Jika perlu di cerewetin saja. Terutama fasilitas dan fitur-fitur didalamnya. Jangan sampai ada hal-hal minus yang berpotensi menganggu kenyamanan.
Karena sesaat DH check-out dari SEMH dengan perasaan cukup puas, sempat terpikir dalam benak apakah DH hanya ‘beruntung’ mendapatkan tower dan kamar yang bagus? Bisa jadi kan?
Padahal murni dadakan bin gambling. Tidak ada yang direncanakan.

Lalu rencana untuk kembali lagi kesana? Hmmmm…mau banget, tapi tunggu akses jalan diperbaiki dulu deh. Pokoknya selama jalur belum mulus dan layak sepertinya DH berpikir 1000 kali untuk check-in ulang.
DH jadi teringat review turis mancanegara setelah mengunjungi SEMH dari internet terkait jalan yang hancur. Si Turis datang dari Jakarta dan bilang : “Well…I think Indonesian goverment are not ready yet for tourism”.
Bagaimana nih Pemda Banten? Masa iya nggak malu? Kapan nih mau ada perbaikan?

Semoga bermanfaat.

* Berikut oleh-oleh dari Anyer berupa photo yang dijepret via kamera HP.

Marbella Studio Room

Marbella Studio Room

Bathroom

Bathroom

Balkon

Balkon

DH Family

DH Family

Kolam Renang

Kolam Renang

Sofa

Sofa

Tentang duniahariyadi

Ordinary man. Ordinary daddy. Sangat menyukai travelling, dunia otomotif, dan kuliner.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

30 Balasan ke Pengalaman Berlibur di Sol Elite Marbella Anyer (April 2012).

  1. tary berkata:

    share jg tentang anyer disini dong:
    petualangan di anyer
    thanks

  2. Sulastiononi berkata:

    Betul sekali 1000% pemerintah propinsi rusak serusak jalan propinsi, cilegon -anyer ,sudah 3tahun tidak di perbaiki !

  3. vivi berkata:

    makasih ya mas sudah sharing , jadi bisa prepare

  4. iwan berkata:

    kalo kamarnya sih, bagusan di hawaii mas
    cuma hawaii jauh baaaangeeeet!
    soal macet di anyer mah parah, baru dari sana soalnya

  5. jimli berkata:

    ratu atut dan rano karno ngapain aja yah

  6. brigade15 berkata:

    anyer gak enaknya macet nya itu, waktu itu aja ane macet di anyer sempet ngopi dulu, kencing dulu, maen bola dulu soalnya bisnya 1 jem kagak jalan jalan wkwk:mrgreen: http://brigade15.wordpress.com/

  7. sakoen berkata:

    Mantap artikelnya….

  8. riyanto berkata:

    tks inponya, sangat bermanfaat terutama musim liburan saat ini

  9. Mambay berkata:

    kalo sekarang marbella tu banyak dikeluhkan oleh pelanggan’a, mulai dari bangunan’a yg sudah usang dan pelayanan’a jg yg mulai menurun. padahal banyak jg loh sob penginapan di anyer selain marbella yg bagus n harga’a terjangkau jg.😀

  10. Ping balik: Plus Dan Minus Bermalam di Hotel Sol Elite Marbella - PiyePiye.Com

  11. ika.. berkata:

    ada 2 hal yg menurut gw bikin males k marbela,,
    1. jalanan yg hancur
    2. pedagang yg jualan matok harga mahal ga kira2

  12. agung a berkata:

    mas.. jalanannya kalo sekarang kesana.. udah bagus belum..

  13. Yetaz berkata:

  14. Yetaz berkata:

    Terakhir weekend kmrn

    kesana, kondisi jalan sih msh Ada yg rujak tapi gk semuanya koq, kita jg menginap di Marbella🙂

  15. nisa berkata:

    kondisi jalan cilegon-anyer menurut saya sudah jauh lebih baik di akhir tahun ini . waktu ke anyer tahun 2012 jalan nya rusak parah, tp skrg udh mulus aje di kawasan krakatau steel jg mulus, tp klo soal macet mah tetep aja, apalagi klo jam brgkat dan plg kerja, menurut sy itu sih wajar krn jalur utama menuju anyer adl kawasan industri yg di penuhi truk2 kontainer besar, di tambah dg rame nya bus pariwisata saat weekend. jd klo mau gak macet ke anyer nya jgn pas weekend. hehehehe. intinya jalan mulus bos,,,, gak jerawatan lagi ,,,,

  16. Johnny berkata:

    Wah sampeyan beruntung mas. Saya juga di Nakula tower kamarnya parah, sepertinya gak pernah dibersihkan. Seprei putih berwarna krem saking tuanya. Kamar mandi berjamur dan toiletnya bernoda sungguh menjijikkan.

    Nilai plusnya, tas anak saya berisi hp, tablet dan psp tertinggal, ditemukan salah seorang bell boy dan diserahkan ke front office. Luar biasa dan terimakasih atas kejujuran bell boy.

  17. Nih daftar hotel & villa yang deket sama Marbella Anyer, pantai nya pasir putih ; Nuansa Bali Anyer, Jayakarta Anyer, Pondok Layung resort.

  18. Heni berkata:

    memang Fasilitas di Marbela Anyer paling lengkap tetapi untuk kebersihannya kurang terutama kamar mandinya, sedangkan jalan dari JAkarta menuju ke Marbela cukup 2 jam karna jalan di sana sudah sangat bagus dan mulus.

  19. ceritapasar berkata:

    Jalan menuju Anyer udah bangus sekarang, mantap deh, he he he he. tapi yang bikin males yah di perlintasan kereta apinya. jalan sambungannya gak teraspal dgn baik, jadi kendaraan pada antri kalo lewat situ. selebihnya? Lancar car caaar. jadi tempat favorit keluarga, apalagi marbella, ombaknya gileeee, bikin akan suka berenang disana, he he he

  20. ida widiasari berkata:

    Nih baru pulang dari anyer,, jalanan mulusssss,, tapi macet mah teteeeppp, hehhee,,

    Nginep di hawaii a club bali resort,, fasilitas kolam renangnya ok,, pantainya aman,, dan tertutup,, jadi ngga ada pedagang, penjual jasa, dll,, lebih tenang disini,, kiddos sangat enjoy,, alhamdulillaah,,

    Puasss,, n InsyaAlloh balik lagi dgn keluarga besar,, hehhee,, tq hawaii resort,, tq club bali,, alhamdulillaah,,

  21. Lambang berkata:

    Terima kasih atas ulasan nya

  22. Lambang berkata:

    informasi bermanfaat semoga dapat perhatian dari pemda Banten. ringkasan Informasi Marbella Anyer Hotel & Spa silahkan mampir

  23. Hidup Sehat berkata:

    Minggu lalu juga kami sekeluarga berlibur dan nginap di sana (Marbella Hotel), kebetulan kami kebagian di kamar 1119 lantai dasar dan menghadap kolam renang, ruangannya lumayan bagus.

  24. lily indriani berkata:

    makasih ya atas infonya,,
    rencananya kami bulan september akan mengadakan family ghatring disana..
    semoga hotelnya memuaskan ya..amin..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s