Batere Handphone Kembung? Ini Dia Cara Pencegahannya

Apakah batere HP anda akhir-akhir ini suka rewel? Kalau di-charge susah penuh? Atau indikator masih banyak tapi HP tiba-tiba makjleb mati karena kehabisan daya? Itu sih pertanda batere bocor. Lantas coba deh di cek baterenya sambil diterawang, kemungkinan besar udah kembung tuh xixixixi…
DH yakin banget hampir setiap orang yang ngantongin HP pasti pernah mengalami hal ini. Yup termasuk DH juga. Beberapa kali pernah mengalami penyakit batere yang udah rusak bin kembung duluan sebelum usia pakai normalnya.
Lantas apa sih yang menyebabkan batere HP bisa kembung? Padahal nggak pernah dikasih minum berlebihan. Kok bisa-bisanya kayak gitu.

Jadi begini mas/mbak gan semua, batere HP modern sekarang kan rata-rata isinya lithium. Keunggulan lithium itu adalah mampu menyimpan daya lebih besar, berbobot ringan, lebih awet (jika benar penggunaannya), dan lebih fleksibel dalam proses charging. Lho maksute poin yang terakhir apa? Nanti akan terjelaskan dengan sendirinya seiring dengan penjelasan DH dibawah.
Namun batere lithium bukan berarti tanpa kelemahan. Dan kelemahan utamanya adalah sangat rentan terhadap PANAS. Dan panas berlebihan itulah yang menyebabkan batere menjadi kembung.

Lantas bagaimana cara mencegah agar batere nggak kembung dan usia pakai lebih awet? Gampang kok, asal niat hehehe… Intinya adalah TIDAK melakukan TIGA hal, yaitu :
1. OVERCHARGE. Maksute adalah pada saat nge-charge batere udah penuh tapi didiamkan saja. Apalagi hingga berjam-jam lamanya. Hal ini sama pengaruhnya pada headset yang aktif / mati. Overcharge kalau sekali-dua kali kelupaan sih nggak masalah. Tapi kalau keseringan akan membuat batere cepat kembung. Hal ini akan makin parah jika anda doyan gonta-ganti charger. Ingat tiap charger itu beda-beda lho daya isi ulangnya. Beda tipe HP beda pula charger-nya. Walaupun merk dan tipe colokannya/port sama persis.
2. Menggunakan HP pada saat di-charge. Misalnya sambil nge-charge sambil chating, sambil nge-game, sambil nge-sosmed, atau yang paling menyiksa batere adalah sambil nelpon. Woooohhh bakalan panas tersiksa sekali pasti baterenya itu. Sekali lagi DH jelaskan jika sekali-kali sih nggak papa, namun jika keseringan alamat cepet kembung lagi deh.
3. Terlalu sering membiarkan daya batere hingga benar-benar habis. Hal ini nggak ada hubungannya sama panas. Untuk poin ketiga ini DH dapatkan atas saran dari rekan DH yang kebetulan bekerja sebagai teknisi HP. Teteup DH ingatkan kembali, kalau sekali-kali terjadi nggak papa. Usahakan langsung charge begitu low batt.

Naaahhh dari tiga poin penting diatas pasti akan menimbulkan banyak pertanyaan dari pembaca bukan? Jangan kuatir, DH kan akan coba jabarkan Q&A-nya sekalian deh.
– nge-charge pada saat batre belum habis? Nggak masalah. Asalkan nggak melakukan tiga poin diatas.
– unplugged charger pada saat daya batere belum penuh/full? Nggak masalah. Asalkan nggak melakukan tiga poin diatas.
– berkali-kali nge-charge dalam durasi yang pendek karena alasan satu dan lain hal? Nggak masalah juga asalkan nggak melakukan tiga poin diatas.
– bukankah kalau nge-charge pada saat HP off maka otomatis HP akan cut-off jika batere sudah full? Nah kalau hal ini jujur masih debatable. Ada yang bilang iya dan ada yang bilang tidak. Namun based on pengalaman pribadi sih DH pernah disiplin selalu matiin HP pada saat nge-charge, eh ujung-ujungnya kena kembung juga gara-gara sering overcharge. Ditinggal tidur semalaman mas gan hehehehe…

Intinya batere lithium adalah teknologi yang memudahkan dan fleksibel. Terutama pada saat ritual pengisian ulang daya batere. Asal nggak sering-sering memaksakan sang batere berhadapan dengan kelemahan utamanya a.k.a PANAS, DH yakin usia batere akan lebih awet. Pengalaman pribadi niiihhh…

Last, jika batere udah terlanjur kembung apakah ada cara memperbaiki / mengembalikan performanya agar menjadi kembali normal? Hmmmmm…jika ngubek internet sih rata-rata katanya sang batere dikurung masuk freezer kulkas selama beberapa saat daaaannn….cling…its back to normal!!!
Well, DH sih kurang sependapat yah. Karena jika memang batere sudah terlanjur kembung lebih baik di lembiru (lempar ganti baru) saja lah. Bukan berarti DH bilang cara itu hoax lho. DH pun pernah kok mempraktekkan langsung hal itu. Memang sih udahannya terasa batere seperti kembali normal, tapi tidak dengan kembungnya. Dan nggak lama kemudian kembali kumat lagi deh ‘bocor’nya.
Jikalau bocornya total sembuh pun entah mengapa DH selalu nggak nyaman aja melihat cover batere yang kerja keras ngancing gara-gara batere kembung. Pengalaman pribadi sih begitu ganti batere baru cover baterenya jadi oblak, alias nggak ngeplak gara-gara kelamaan nahan batere obesitas hahaha…

#gambar minjem dari akang Google

Tentang duniahariyadi

Ordinary man. Ordinary daddy. Sangat menyukai travelling, dunia otomotif, dan kuliner.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

4 Balasan ke Batere Handphone Kembung? Ini Dia Cara Pencegahannya

  1. imanbogodad berkata:

    hmmm… gitu yah mas Hary, aku udah gonta ganti baterai hp berapa kali, semuanya sama.. sebulan ato dua bulan dipake klo bukan kembung yang ada pasti daya nya cepat habis. Tapi setelah gua baca tips2 diatas ternyata gua baru sadar, 3 point diatas sering gua lakuin, apalagi yang namanya overcharger… waaaah itu mah aku dah sering banget. sebelum tidur dicarg, terus nanti paginya deeh di cabut dari charger. heeeuffft… makasih udah mau sharing. Mudah-mudahan makin banyak tulisan2 yg berkualitas lainnya😀

  2. Wedana berkata:

    Thanks ya buat informasinya!!!!🙂

  3. Yudis berkata:

    Kira kira berapa lama di simpan di frezer kulkas ny…
    makasih …

  4. Naufal berkata:

    Artikelnya menarik, jangan lupa berkunjung ke http://moblog.esy.es
    ada berita, artikel dan lain-lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s