Honda Tiger. (Mantan) Raja Sport 4 Tak Yang Makin Jarang Terlihat.

Hari yang sangat panas. Just like another day, DH riding menuju kantor dan langsung mengarahkan si bebek besi masuk parkiran khusus motor. Keringat mengucur deras. Nggak sabar rasanya kepingin ngadem dikantor yang ACnya maknyos.
Slot parkiran motor sudah lumayan ramai. Terisi kira-kira 80% dari kapasitas maksimum. Isinya ya kayak biasanya lah. Jejeran motor-motor operasional harian mainstream buatan lokal. Ada bebek, ada skutik, ada sport 150cc. Ada yang dekil, ada yang bersih. Ada yang masih standar, ada yang udah dimodifikasi. Ada juga lho yang dimodif ala alay. Beberapa diantaranya DH kenali milik rekan kerja DH dikantor.

Dari sekian buanyak motor yang terpakir, ada yang menarik perhatian DH. Sebuah Honda Tiger Revo!! Walaupun kondisi motor sangat kotor dan dekil mengingat beberapa hari belakangan sering turun hujan, namun DH mampu mengidentifikasi kalau sang Tiger ini masih baru. Masih bau dealer. Masih kinyis-kinyis. Disinyalir mesinnya pun masih dalam tahap inreyen.

Untuk memastikan DH langsung intip plat nomornya. Disitu tertulis 04.19. Yes!! Berarti benar masih gress. Usia motor baru menginjak maksimal 2 bulanan terhitung artikel ini dibuat (Juni 2014).
Sejenak DH amati dan perhatian si Tiger ini. Berlampu depan yang (balik lagi) model bulat, sang Tiger ini walaupun desainnya cenderung nggak mboseni, namun nggak bisa dipungkiri eksistensinya semakin termakan kemajuan jaman. Salah satu faktor yang menguatkan hal itu menurut DH adalah pemakaian velg berdiameter 18 inci. 90an banget gitu lho. Sisanya sih masih oke dipandang lah.

Tak cuma itu, populasinya dijalanan Ibukota pun semakin langka. Kalaupun ketemu seringnya serombongan. Mungkin mau kopdar atau turing kali ya. Padahal dulu di era tahun 90an hingga 2000an, si Tiger ini sangat tenar dan banyak berseliweran. Hingga akhirnya saat AHM memutuskan untuk tidak lagi memproduksi Tiger di bulan Maret 2014, nyatanya masih ada Tiger gress yang masih eksis. Apakah ini sisa stok? Atau secara khusus AHM masih memproduksi selama masih ada demand? Entahlah…

Lantas iseng-iseng DH Googling untuk mengintip spesifikasi generasi Tiger paling akhir. Dan inilah hasilnya :

Mesin
Tipe mesin : 4 Langkah OHC, pendinginan udara
Diameter x langkah : 63,5 x 62,2 mm
Volume langkah : 196,9 cc
Perbandingan Kompresi : 9,0 : 1
Daya Maksimum : 16,7 PS / 8.500 RPM
Torsi Maksimum : 1,60 kg.m / 7.000 RPM
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 1,0 liter pada penggantian periodik
Kopling Otomatis : Manual, Multiplate Wet Clutch
Gigi Transmsi : 6 kecepatan
Pola Pengoperan Gigi : 1-N-2-3-4-5-6
Starter : Elektrik Starter & Kick Starter

Rangka
Tipe rangka : Pola Berlian
Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe suspensi belakang : Lengan ayun pegas ganda dengan tabung oli
Ukuran ban depan : 2,75 – 18 42L
Ukuran ban belakang : 100/90 – 18 M/C – 56P
Rem depan : Cakram hidrolik, dengan piston ganda
Rem belakang : Cakram hidrolik, dengan piston tunggal

Dimensi
Panjang X lebar X tinggi : 2.029 x 747 x 1.093 mm
Jarak Sumbu Roda : 1327 mm
Jarak terendah ke tanah : 155 mm
Berat kosong : 138 kg
Kapasitas tangki bahan bakar : 13,2 Liter

Kelistrikan
Aki : 12 V – 7 Ah
Busi : ND x 24 EP U9 / NGK DP8EA-9
Sistem Pengapian : CDI-AC, Magneto

Jika diterawang, memang nggak ada peningkatan spesifikasi teknis secara kasat mata yang signifikan pada sang Tiger, jika dibandingkan dengan generasi awal. Kecuali pada penggunaan rem cakram hidrolik pada roda belakang dan pengaplikasian sokbreker belakang dengan tabung oli. Sisanya lebih pada upgrade penampilan dan finishing desain bodi.

Honda Tiger? Nggak ada matinya!

Tentang duniahariyadi

Ordinary man. Ordinary daddy. Sangat menyukai travelling, dunia otomotif, dan kuliner.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s