Biker Amatiran Mau Iseng Trackday Nyentul? Ini Dia Guidance-nya

Gambar Pinjem dari Mas Bona

Gambar Pinjem dari Mas Bona

Sudah punya sportbike dirumah? Lightsports macam CBR250? Ninja250?
Atau Supersports? Atau bahkan Superbikes?
Ingin merasakan aspal Sentul alias Trackday tapi gak punya pengalaman babar blass? Jangan kuatir brader, semua bimbingan tersaji lengkap di internet. Punya internet nggak? Tau internet nggak? Nggak punya? Dasar NDESO!!! xixixixi..

Kali ini saya menyajikan guidance buat para rider amatir ting-ting yang ingin merasakan yang namanya Trackday. Saya ambil infonya dari wikihow.com. Agar lebih memudahkan dicerna pembaca, saya bela-belain terjemahkan yah, dengan sedikit penyesuaian tentunya.

BELI PELINDUNG KESELAMATAN BADAN.
-Baju balap hukumnya wajib. Jaket dan celana kulit tebal bisa juga digunakan, namun harus ditambahkan pelindung siku dan dengkul.
-Sepatu khusus balap.
-Helm fullface.

CEK MOTOR
-Ban dan kampas rem wajib baru atau minimal kondisinya masih 90%.
-Ban harus spek balap, atau mendekati spek balap.
-Cek tekanan angin. Bagaimana caranya? Konsultasikan dengan konsultan atau rider yang lebih berpengalaman di sirkuit.
-Copot kaca spion. Anda nggak akan pernah tingak-tinguk di sirkuit. Malah membahayakan.
-Copot koneksi semua kabel lampu utama, belakang dan sein. Menghindari sebisa mungkin terjadi arus pendek jika terjatuh. Jika terjadi kobongan hangus deh motor kesayangan. Amit-amit jabang beybeh.
-Tutup semua lampu-lampu dengan stiker, atau lakban hingga tertutup sempurna. Gunanya klo terjadi apa-apa pecahan lampu nggak akan mengotori trek dan membahayakan rider lain.
-Periksa kondisi mesin, rantai dan suspensi secara teliti.
-Setel suspensi. Biasanya untuk keperluan sirkuit butuh suspensi yang lebih kaku. Bisa dengan memutar setelan suspensi belakang. Atau jika bingung bisa berkonsultasi dengan rider yang lebih expert.
-Ganti cairan radiator anda dengan air biasa ketimbang coolant. Mengapa? Karena jika ada kebocoran, coolant cenderung bikin licin trek. Maka dari itu ada beberapa sirkuit didunia yang melarang penggunaan coolant. Pake air biasa aje brur. Toh motor perawan bermesin standar nggak akan overheat saat digeber habis-habisan disirkuit. Kecuali ada trouble radiator. Nanti jika ingin kembali digunakan untuk penggunaan jalan raya, silahken diganti coolant kembali.

DENGAR DAN PERHATIKAN BAIK-BAIK APA KATA INSTRUKTUR.
-Usahakan cukup tidur sebelum trackday.
-Jangan langsung gaspol. Observasi sirkuit dulu. Kasih ban kesempatan untuk mencapai suhu ideal. Minimal satu lap. Makin banyak lap makin bagus.
-Jangan pernah melewati batas kemampuanmu. Karena rider yang ada di depan atau dibelakangmu biasanya sama-sama amatir dan memiliki batas kemampuan yang berbeda-beda. Hindari berkhayal menjadi seorang Stoner atau anda akan membahayakan diri sendiri dan rider lain.
-Jika anda salah perhitungan dalam mengikuti racing line di tikungan dan bablas, jangan pernah panik. Ikuti saja maunya motor. Jangan pernah dilawan. Arahkan sebisa mungkin ke gravel trap atau rumput. Begitu motor masuk gravel trap, jangan pernah menggunakan rem depan. Gunakan rem belakang secara bertahap hingga kecepatan berkurang.
-Anda nggak akan melihat tanda lampu rem dari rider didepan. Jangan kuatir, karena semua rider amatir biasanya melambat bersamaan pada saat masuk tikungan.
-Pelajari dengan seksama kode bendera marshall disirkuit dan hapalkan maknanya.
-Cape? Haus? Ngos-ngosan? Jangan lupa kasih tanda rider dibelakang anda jika ingin masuk area pitstop. Lambaikan tangan kiri setinggi mungkin. Ingat!!! Semua rider yang ada di trek sebagian besar adalah amatiran.
-Don’t race anybody at trackday. Let it go. Have fun. Stay safe.
-Jangan memaksa untuk menyalip dari sisi dalam. Bahaya bagi para amatir.
-Pelajari racing line secepat mungkin dari rider yang lebih expert.
-No wheelies, stoppies, don’t try to look cool. Practice smooth shifting, smooth braking.
-Jangan pernah melakukan eksperimen diluar yang diajarkan instruktur atau nyawa anda taruhannya. Terutama pada saat cornering alias mereng-mereng. Semua ada tekniknya. Bukan asal-asalan. Lakukan teknik riding step by step. Yakinlah bahwa tanpa anda sadari, riding style anda akan semakin kencang dan rapi dari waktu ke waktu.

THINGS YOU’LL NEED
-Motorcycle, Preferably a sportbike.
-Leathers, boots, gloves, helmet.
-Kursi lipet portabel buat nyantai dikala rehat.
-Jerigen BBM plus isinya.
-Setelan tekanan angin.
-Minuman berenergi atau isotonik untuk mengembalikan cairan tubuh. Air biasa atau mineral malah lebih baik.
-Kartu asuransi (coz u’ll never know,right?)
-Toolbox

Bagaimana? Tertarik untuk nyentul bareng bersama teman-teman?

Tentang duniahariyadi

Ordinary man. Ordinary daddy. Sangat menyukai benda beroda dan bermesin, travelling dan kuliner.
Pos ini dipublikasikan di Pengetahuan Umum. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Biker Amatiran Mau Iseng Trackday Nyentul? Ini Dia Guidance-nya

  1. gogo berkata:

    nice infonya bro.. ancang2 klo ada kesempatan nyirkuit..

Tinggalkan komentar